Teknologi

4 Cara Mengatasi Baterai Laptop Asus yang Tidak Bisa Dicharge

Laptop merupakan salah satu jenis perangkat komputer yang memiliki desain yang lebih praktis, sehingga lebih mudah dibawa kemana mana. Salah satu jenis laptop yang cukup banyak dipilih adalah laptop Asus. Penggunaan laptop di luar ruangan mengharuskan laptop sudah dalam keadaan terisi. Namun, bagaimana jika ternyata saat dicharge, daya tidak masuk? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai laptop asus yang tidak bisa dicharge.

Tips Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

1. Memeriksa Charger yang Digunakan

Penyebab baterai tidak terisi daya bia disebabkan karena ada kesalah terhadap charger yang digunakan. Bisa jadi kabel charger kerutan maupun terdapat koneksi yang rusak pada bagian ujungnya. Maka dari itu, sebaiknya periksa charger bawaan laptop. Perhatikan apakah ada bagian yang terbuka atau barangkali kabel menjadi lebih longgar. Kamu juga perlu memeriksa adapter AC pada laptop.

2. Mematikan Laptop

Kondisi laptop yang overheat bisa menyebabkan beberapa masalah salah satunya baterai tidak bisa terisi daya. Baterai yang panas akan menyebabkan sistem mengartikan jika baterai sudah terisi penuh. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan masalah ketika sedang mengisi daya. Kebanyakan kondisi ini terjadi pada perangkat yang sudah cukup lama digunakan. Maka jika laptopmu overheat, sebaiknya matikan terlebih dahulu sampai benar benar dingin.

3. Membersihkan Bagian dalam Colokan

Penyebab baterai laptop Asus yang tidak mengisi juga bisa disebabkan karena kondisi colokan bagian dalam yang tidak bersih. Residu yang ada pada lubang untuk mengisi daya bisa mneyebabkan koneksinya kurang optimal. Maka dari itu, pastikan mencolokkan charger sudah tepat. Bersihkan juga bagian dalam tempat colokn dengan menggunakan tusuk gigi.

4. Update Driver

Kamu juga bisa mengatasi baterai yang tidak bisa dicharge dengan melakukan update driver. Namun, pastikan terlebih dahulu jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10. Selanjutnya, buka menu Device Manager , lalu cari opsi Batteries yang di bawahnya ada beberapa entri. Klik kanan di setiap entri, lalu pilih Properties. Masuk ke tab Driver dan klik opsi Update Driver, kemudian restart laptop.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki baterai pada laptop yang tidak bisa mengisi. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu sudah mencolok laptop dengan charger secara tepat. Periksa juga dengan stop kontak yang digunakan. Bisa jadi penyebab baterai tidak terisi daya, dikarenakan stop kontak yang putus dengan sambungan listrik.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close