Diabetes? Berikut Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

  • Whatsapp
Foto: Canva.com pro

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena pengangkutan gula dari darah ke sel tidak berjalan secara efektif.

Akan sangat bahaya jika peningkatan kadar gula darah ini tidak diperhatikan, karena bisa berakibat pada munculnya berbagai gangguan pada kesehatan. Anda perlu waspada terhadap gejala gula darah tinggi dan sebaiknya cepat mengatasinya. Lebih jelasnya, yuk simak cara menurunkan kadar gula darah berikut ini.

Read More

Tips Menurunkan Gula Darah

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan

Seorang yang terkena penyakit diabetes, penting baginya untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Sering kali kadar gula tinggi tersebut tidak menampakkan gejala, hingga ketika melebihi 200 mg/dL baru akan tampak indikasinya. Maka dari itu, pengecekan rutin perlu untuk dilakukan, dimana pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memantau kadar gula darah.

2. Mengurangi Asupan Karbohidrat dan Gula

Konsumsi karbohidrat yang tinggi menjadi pemicu peningkatan kadar gula darah. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes jika ingin menurunkan gula darah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat namun tinggi protein.

Karbohidrat memang diperlukan sebagai sumber energi, namun bagi penderita diabetes diharuskan mengurangi atau menggantinya dengan karbohidrat yang rendah gula, misalnya ubi jalar.

Selain mengurangi asupan karbohidrat, bagi penderita diabetes juga sangat penting untuk membatasi konsumsi gula. Biasanya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Beberapa berpendapat bahwa dengan mengikuti indeks glikemik rendah akan bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Makanan yang bisa dianjurkan, seperti quinoa, polong-polongan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

3. Banyak Konsumsi Asupan Serat

Cara menurunkan kadar gula darah selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asupan serat. Hal ini dikarenakan serat mampu membantu dalam pengaturan kadar gula darah. Sumber makanan yang mengandung serat akan memperlambat laju karbohidrat serta kecepatan tubuh dalam menyerap gula yang dihasilkan.

Jenis serat ada dua macam, yaitu serat terlarut dan tidak larut. Namun, serat yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah ialah jenis serat larut saja. Untuk memperoleh asupan serat terlarut dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat. Diantara makanan yang mengandung serat larut ialah sayuran, buah, biji-bijian serta polong-polongan.

4. Olahraga Teratur

Bagi penderita diabetes, olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk membantu menjaga berat badan agar tidak berlebih, kegiatan tersebut juga berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga mampu mendorong otot tubuh untuk menggunakan gula sebagai energ. Hal tersebutlah yang menyebabkan olahraga bisa digunakan sebagai cara menurunkan kadar gula darah.

5. Menjaga Berat Badan

Seperti yang telah dibahas, dengan berolahraga akan berpengaruh dalam menjaga berat badan agar tidak berlebih. Berat badan yang terkontrol dengan baik juga berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Biasanya, kondisi kelebihan berat badan ini akan berkaitan dengan resistensi insulin yang lebih besar. Dengan mengurangi kelebihan berat badan sebanyak 7 persen akan menciutkan potensi diabetes hingga 58 persen.

6. Kelola Stres

Mengelola stres bagi penderita diabetes juga menjadi hal yang harus dilakukan. Tingkat stres yang tinggi biasanya akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah. Hal tersebut disebabkan karena saat stress atau tegang tubuh akan mengeluarkan hormon, dimana hormone tersebutlah yang memicu meningkatkan gula darah. Untuk mengelola stress dapat dilakukan dengan meditasi, dimana kegiatan tersebut bisa dijadikan cara menurunkan kadar gula darah.

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah ialah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Agar terkontrol dengan baik, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga atau menurunkan gula darah dalam tubuh. Selain melakukan kegiatan tersebut, menerapkan pola hidup yang sehat sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *