Perhatikan 7 Hal Ini Jika Ingin Mengimpor Barang

  • Whatsapp

jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia

Membeli barang dari luar negeri seperti dari Inggris, harus memilih jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia yang benar-benar dapat dipercaya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan aturan dan prosedurnya karena tidaklah sama seperti membeli barang di dalam negeri.

Read More

Membeli barang dari luar negeri dapat dilakukan perorangan maupun perusahaan. Ketika mengimpor harus memperhatikan beberapa hal serta mengikuti prosedur yang berlaku sehingga tidak terjadi masalah saat pengiriman.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengimpor Barang

Ada 7 poin penting yang harus Anda perhatikan saat mengimpor barang. 7 poin tersebut adalah:

1. Tentukan Jenis Barang dan Negara Asal

Penting untuk mengetahui jenis barang dan asal negaranya karena akan sangat berguna untuk menghitung biaya-bea masuk, PPN, dan PPH. Selain itu, juga harus diurus aspek perizinannya. Sebab untuk barang-barang tertentu memerlukan perizinan yang lebih rumit.

2. Menentukan Cara Penyerahan Barang

Poin berikutnya adalah menentukan bagaimana penyerahan barang dan jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia yang digunakan. Sebagai importir Anda bertanggung jawab untuk mengurus barang impor tersebut.

Misalnya, Anda membeli barang dari Inggris, sebagai importir harus mengurus barang tersebut mulai dari di muat di pelabuhan hingga mencapai tempat tujuan. Urusan pengangkutan, biaya bea masuk, PPH, dan PPN, lalu pengurusan bongkar sampai ke tangan pembeli menjadi tanggung jawab importir.

3. Urus Perizinan

Perizinan untuk mengimpor barang terdapat 2 jenis, yaitu perizinan pokok dan khusus. Perizinan pokok meliputi legalitas perusahaan atau individu. Meliputi legalitas CV atau PT, dan Nomor Induk Kepabeanan.

Untuk perizinan khusus digunakan untuk barang tertentu, misalnya buah-buahan karena harus memiliki izin Importir Produsen dan Importir Terdaftar dalam hal holtikultural.

4. Tentukan Metode Pembayaran

Pembayaran yang sering digunakan dalam pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia adalah cash in advance payment, open account, dan documentary collection.

5. Tentukan Transporter

Transporter adalah pihak yang bertanggung jawab menjadi pengurus barang impor. Anda harus mencari pihak terpercaya yang sudah berpengalaman dalam melakukan importasi barang.

6. Tentukan Jadwal Pengiriman

Selanjutnya, tentukan kapan jadwal pengiriman dilakukan. Jadwal importasi ini merupakan hal krusial. Sebagai importir Anda harus mengetahui kapan barang diberangkatkan, berapa lama waktunya, hingga lama proses di kantor bea cukai dan sampai ke tangan konsumen.

7. Melakukan Kegiatan Importasi Barang

Kegiatan pengiriman barang impor meliputi; pengangkutan barang, pengurusan dokumen barang impor, kegiatan proses pengeluaran barang, dan importasi barang ke gudang.

Kegiatan importasi barang atau membeli/mendatangkan barang dari luar negeri memang harus melalui prosedur yang berlaku. Jika tidak sesuai, maka ada kemungkinan barang yang Anda pesan akan tertahan di kantor bea cukai. Oleh sebab itu, dalam memilih jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia harus mencari yang benar-benar dapat dipercaya.

 

Sumber:

1. https://koinworks.com/blog/mengimpor-barang-dari-luar-negeri/

2. https://w3cargo.com/cara-import-barang/

3. https://indonesia.go.id/layanan/perdagangan/ekonomi/cara-impor-barang-dari-luar-negeri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *